Chanyeol’s interview in EX’ACT Album

tumblr_o8hwe06c7E1tml5fdo1_500

rt

[ I N D O – T R A N S ]

Q n : Apakah ada sesuatu ketika orang lain menganggapnya tidak terlalu penting sementara kau menganggap hal tersebut penting?

C h a n y e o l : Mencatat dan peduli terhadap hal-hal yang kecil. Memperhatikan hal-hal yang besar tentunya adalah sesuatu yang dianggap penting oleh semua orang. Peduli dan memperhatikan hal-hal yang kecil yang aku bicarakan adalah sesuatu yang orang lain tidak dapat merasakannya. Contohnya, ketika kau sedang makan dan kau mengambilkan tissue untuk orang yang ada disampingmu? Ya hal-hal semacam itulah. Aku merasa sangat senang dengan melakukan hal-hal tersebut. Ada suatu ketika, saat itu aku sedang berada di studioku dan aku sudah selesai bekerja, kemudian aku menyadari ada sebuah kantong plastik di depan pintu. Di dalamnya terdapat 2L air sebanyak 6 botol, sayur-mayur, beberapa tomat, lalu ada bawang dan juga biji perilla. Aku berpikir, apa ini? Aku kemudian menyadari bahwa itu adalah barang pesanan dan seharusnya diantarkan ke gedung sebelah. Aku merasa jika aku meninggalkannya disini, tentu barang-barang di dalam kantong plastik tersebut nantinya akan membusuk. Jadi aku memutuskan untuk mengambil barang2 tersebut dan mengantarkannya ke gedung sebelah. Pada saat itu aku merasa sangat bangga terhadap diriku sendiri. Aku rasa, aku adalah tipe orang seperti ini, ketika aku melakukan hal2 semacam ini aku merasa sangat senang. Meskipun mungkin orang lain tidak mengetahuinya, tetapi aku selalu berpikir bahwa aku sudah membawa kesenangan bagi mereka.

 

Q n : Waktu dan tempat favoritmu ?

C h a n y e o l : Aku sangat suka waktu subuh, pagi-pagi sekali atau tengah malam. Dari sekitar jam 2 dini hari, lalu jam 6 dan 7 pagi. Waktu-waktu itulah favoritku. Rasanya sangat tenang dan aku merasa sedikit kesepian tetapi aku suka perasaan itu, dimana aku hanya dapat merasakannya ketika pagi-pagi sekali. Meski pada hari2 normal, aku tipe orang yang biasanya agak emosional, jadi perasaan semacam ini menjadi bertambah ketika waktu larut di malam hari. Jika aku sedang mengerjakan lagu dengan orang lain, biasanya kami mulai dari jam 8 atau jam 9 malam sampai jam 12 dini hari. Tetapi jika aku mengerjakannya sendiri, aku cenderung mengerjakannya sekitar jam 2 sampai jam 6 pagi. Alasannya adalah karna waktu tersebut adalah waktu terbaik untuk menulis lagu. Ketika larut malam, aku sangat suka mendengarkan lagu, berbaring di atas sofa sambil melihat handphone-ku atau menonton TV, ya mengistirahatkan diriku.

Dan tempat favoritku adalah studioku, aku cenderung lebih menyukai tempat2 yang tidak berisik dan hanya ada sedikit orang. Sama juga ketika aku ingin hang out. Dibandingkan sebelumnya, aku menyukai tempat2 yang bising, tetapi sekarang aku lebih suka tempat2 yang tenang.

 

Q n : Apa memori/ingatan paling awal yang kau punya?

C h a n y e o l : Aku rasa sekitar usiaku 3 tahun? Atau empat tahun? Saat itu aku benar2 masih kecil, aku bahkan belum bisa berbicara. Kenangan yang aku punya ini bukanlah sesuatu yang spesial, tetapi benar2 tidak terlupakan. Waktu itu aku beserta ayah, ibu dan kakakku, kami sekeluarga pergi ke sebuah taman hiburan. Aku ingin menaiki sebuah wahana berbentuk panda kecil. Waktu itu kakakku usianya sekitar 7 tahun, dia juga masih kecil. Aku memegang tangannya menuju wahana yang ingin kami naiki. Kemudian kakakku bertanya kepada petugasnya “Bisakah kami naik ini? “ Petugas itu sangat baik dan dia juga membantu kami untuk duduk.

 

Q n : Ah, itu sangat terperinci ya

C h a n y e o l : Ah ya. Ingatanku memang cukup bagus. Aku tidak bisa mengatakan bahwa memoriku sangat baik, karna hal aneh yang aku lakukan adalah aku tidak pernah menghapus foto2 dan pesan2 di handphone-ku. Di rumah, aku bahkan masih memiliki handphone yang aku gunakan ketika aku SD dan di sekolah menengah, bahkan lengkap dengan pesan2 dan foto2 pada waktu itu. Seperti inilah, aku adalah tipe orang yang akan memberikan arti khusus untuk hal2 tertentu. Contohnya, ketika aku sedang asyik bermain handphone, lalu aku salah tekan dan malah meng-save sebuah foto, aku bahkan tidak akan menghapus foto tersebut. Aku dapat mengingat semua detailnya. Sebuah pesan yang aku terima dari temanku 10 tahun yang lalu, setelah melihat pesan2 itu aku akan mengingat hal2 yang berkaitan dengan itu. Kadang-kadang ketika aku pulang ke rumah, aku bisa membaca semua pesan tersebut sampai keesokan harinya sambil berbaring di tempat tidur. Ini tidak berarti bahwa aku ingin kembali ke waktu itu (masa lalu), aku hanya ingin mengenang waktu itu (masa lalu). Aku akan berpikir, oh jadi beginilah aku dulunya, seperti yang terjadi saat itu, sangat menarik untuk berpikir seperti itu.

// Nah, bayangkan deh foto2 dan pesan dari mantan nya enggak dihapus sama chanyeol ckckck  

Q n : Masa lalu, sekarang (saat ini) dan masa depan, mana yang menurutmu lebih penting?

C h a n y e o l : Sekarang. Menurutku, masa lalu adalah masa lalu, sekarang (saat ini) akan membuat masa depan, dan hidupku sekarang adalah saat ini. Aku rasa masa lalu adalah sebuah dasar untuk menciptakan masa depan yang indah dan untuk menciptakan masa depan yang lebih indah lagi bergantung pada saat ini. Contohnya ketika melihat ke masa lalu yang kurang menyenangkan, maka sekarang (saat ini) adalah waktu untuk memperbaikinya. Memperbaiki bagian yang kurang menyenangkan sekarang, akan memungkinkan untuk memciptakan masa depan yang lebih indah. Jadi, aku pikir sekarang (saat ini) adalah yang paling penting.

 

Q n : Apa impianmu di masa depan?

C h a n y e o l : Untuk tetap stabil (dalam karir) dan peduli kepada semua orang, dan juga mendapat perhatian dari semua orang di masa depan, ini mungkin terdengar sangat tidak realistis, tapi masih bisa direalisasikan –-tertawa— 

 

Q n : Apakah kamu percaya pada kesempatan, ataukah percaya pada takdir?

C h a n y e o l : Aku rasa aku tipe orang yang percaya pada hal2 yang tak terelakkan. Aku ingin berkata terus terang, lagipula, hal2 semacam ini juga bisa disebut sebagai kesempatan kan. Mmm. . . aku pikir kesempatan juga merupakan hasil dari hal2 yang tak terelakkan. Sebagai contoh, aku pergi ke Rodeo Fashion Street, dan Sehun juga pergi ke Rodeo Fashion Street, ini adalah kebetulan, tapi pada akhirnya kami pasti akan bertemu. Aku tahu kenapa aku begitu percaya pada hal2 yang tak terelakkan, dunia juga harus percaya pada adanya kesempatan, tetapi aku lebih percaya pada hal2 yang tak terelakkan (kebetulan).

 

Q n : Apa kau punya pengalaman yang dapat memperluas wawasanmu? Kapan itu terjadi?

C h a n y e o l : Aku rasa itu terjadi setelah aku debut. Sebelum debut, aku adalah seekor katak dibawah sumur (istilah yang menjelaskan tentang pandangan/pengetahuan yang terbatas terhadap dunia), setelah debut dan melakukan berbagai kegiatan, secara pribadi aku merasa pengalamanku bertambah. Aku menyadari kelemahan dan kekuranganku, aku merasa perjalanan yang harus aku tuju masih panjang, dan juga menemukan berbagai tipe/karakter orang yang ada di dunia, hal itu lebih dari apa yang aku bayangkan. Sulit untuk menyebutkan suatu moment tertentu, karna sebenarnya aku tidak yakin kapan, tetapi tiba2 aku menyadari hal ini.

 

Q n : Perubahan apa yang terjadi setelah wawasanmu bertambah?

C h a n y e o l : Tak lama setelah merasakan hal tsb, aku menjadi MC untuk sebuah acara musik dan langsung mendapat banyak kritikan. Waktu itu aku sangat terkejut. Ketika aku ada di sebuah acara, aku tidak bermaksud untuk menjaga image tertentu, aku sering berubah-ubah. Aku tipe orang yang jujur. Tetapi setelah selesai acara tersebut, aku mulai melakukan beberapa perubahan. Sejak saat itu, hatiku menjadi benar2 kuat. Sekarang aku tidak begitu peduli dengan ejekan orang lain. Dengan begitu, aku bisa melanjutkan membuat musik yang aku suka dengan bebas. Sehingga dapat meminimalkan rasa belas kasihan. Bahkan lebih, karna sebelumnya aku sudah menyiapkan pemikiranku. Sebelum mempertimbangkan orang lain, kita harus lebih dulu memikirkan diri sendiri, setelah berpikir begitu, aku merasa hidupku jauh lebih bahagia, sepertinya itu sudah berhasil.

 

Q n : Apakah kamu menganggap dirimu sebagai orang yang konsisten?

C h a n y e o l : Aku adalah orang yang mendekati konsisten. Aku adalah orang yang keras kepala, dan biasanya suka bekerja berdasarkan apa yang sudah direncanakan. Aku adalah tipe orang yang tidak akan mengubah rencana kerjaku setelah membuat antrian daftar pekerjaan di masa depan dan aku menyiapkan hatiku untuk melakukannya.

 

Q n :  Kapan kamu merasa bahwa kamu adalah dirimu sendiri?

C h a n y e o l : Pertama, itu ketika aku melakukan apa yang paling ingin aku lakukan. Apa yang paling ingin aku lakukan adalah menyusun komposisi musik. Atau ketika aku bersama teman2 terbaikku. Ketika aku sedang bersama banyak orang, aku biasanya tidak menunjukkan seperti apa diriku yang sebenarnya. Ketika aku sedang bersama banyak orang, aku adalah tipe orang yang menyenangkan. Tetapi ketika aku sedang bersama beberapa orang tertentu, atau ketika aku bersama teman2 terbaikku, kami akan berbincang serius dan aku tidak banyak bicara. Ketika ada banyak orang disekitarku, atau ketika sedang syuting, aku akan menjadi sangat ceria, dan ini terjadi setiap harinya. Aku akan menjadi lebih pendiam ketika tidak ada keharusan untuk menjadi ceria dan memiliki waktu ku sendiri (me-time).

 // kenapa aku jadi kasian yaa ma chanyeol, aku merasa semuanya adlh kebohongan. Dia terlalu dituntut untuk menyenangkan orang lain /

 

Q n : Apakah kau menyukai kekhususan atau ketidakjelasan?

C h a n y e o l : Aku suka kekhususan. Ketika aku sedang bekerja, aku suka mengambil keputusan dengan cepat dan menyelesaikan tugas2. Biasanya aku suka mengembangkan rencanaku, dengan begitu akan muncul beberapa pilihan.

 

Q n : Ketika kau mengembangkan rencanamu, apa ada standar tertentu?

C h a n y e o l : Jika itu adalah sesuatu yang membutuhan banyak tenaga kerja (orang), aku akan memilih rencana yang memberikan kemudahan bagi mayoritas. Sementara jika itu adalah sesuatu yang aku lakukan seorang diri, aku akan menyesuaikan rencananya dengan pemikiranku sendiri. Jadi, cukup fleksibel kan?

 

Q n : Menurutmu apa sesuatu yang tidak berwujud, tetapi memiliki nilai penting?

C h a n y e o l : Cinta. Sebuah paket yang penuh dengan rasa cinta. Ini termasuk cinta antara kekasih, atau cinta dari orang tua. Selama ada cinta, aku akan melakukan apapun. Aku belajar musik dengan rajin, menulis lagu, aku melakukan semua itu karna aku mencintai musik. Aku berbicara tentang cinta dalam arti yang luas. Contohnya, setiap orang membutuhkan uang dan kebutuhan untuk mendapatkan uang. Tetapi jika kamu tidak mencintai pekerjaanmu, kamu tidak akan pernah menemukan kebahagiaan didalamnya. Aku akan menggunakan diriku sendiri sebagai contoh, hal yang aku lakukan sekarang bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Tetapi karna aku sangat mencintai pekerjaanku, aku tidak merasa adanya tekanan terlalu besar. Pada intinya, orang harus menemukan apa yang membuat mereka bahagia, pekerjaan yang membawa sukacita. Dan kebahagiaan dan sukacita semacam ini berasal dari cinta.

// bang chanyeol, nikah yuk. . . . . . ./ 

 

Q n : Apakah kamu merasa tertekan dengan harapan2 dari orang lain? Bagaimana cara untuk mengurangi tekanan tsb?

C h a n y e o l : Ya, sangat. Sekarang sih semuanya baik2 saja, tetapi sebelumnya aku sangat menginginkan pengakuan dari fans dan orang2 di sekitarku, ketika keinginan ini menjadi semakin besar, kau merasa bahwa kau harus melakukan segalanya dengan baik untuk menyenangkan orang lain. Sebelumnya tekanan itu sangat banyak, ketika ada hal2 yang tidak bisa kau lakukan dengan baik, jadi sekarang aku sudah mengubah pandanganku, dan menulis lagu dengan bebas. Aku merasa cukuplah yang penting aku bahagia, tapi ketika aku sudah bisa mengubah pandanganku, aku masih merasa lelah dengan apa yang orang lain pikirkan. Jadi cobalah untuk meringankan dirimu dari pikiran2 seperti ini, setidaknya ketika aku sedang merenung sendiri aku mencoba untuk tidak memikirkannya. Dan baru2 ini sejak 2 atau 3 bulan yang lalu, aku mencoba untuk mengurangi kekhawatiranku, dan melakukan apa yang ingin aku lakukan. Sebelumnya, ada hal2 yang mau tak mau kau harus memikirkannya, sebagai contoh ‘harus melakukan seperti ini‘,‘harus melakukan seperti ini‘,‘bagaimana perkerjaan ini‘,‘apa yang harus aku lakukan sekarang agar hasilnya seperti ini‘, dsb. Tapi itu berbeda sekarang, sekarang aku beristirahat jika aku ingin istirahat, melakukan sesuatu ketika aku ingin melakukannya dan bermain jika aku ingin bermain. Hal ini juga sama ketika aku menulis lagu, sebelumnya aku ingin menghasilkan sesuatu yang disukai banyak orang, dan hasilnya kekhawatiranku meningkat, aku merasa terus-menerus dibatasi dalam menulis lagu, dan tidak dapat menulis apapun. Sekarang tidak seperti ini lagi, sekarang aku dapat membuat lagu yang aku inginkan, lagu yang aku sukai, lagu yang membuatku bahagia. Tidak ada keharusan bagi semua orang untuk mendengarkan laguku, dan hal ini membuatku lebih tenang. Sebelumnya aku tidak pernah bisa menyelesaikan pembuatan lagu, tetapi sekarang ketika aku sudah memulainya aku bisa menyelesaikannya dengan cepat.

 

Q n : Apa ketakutan terbesarmu?

C h a n y e o l : Ketika orang2 di sekitarku pergi. Bukan perpisahan abadi (meninggal),  tetapi ketika mereka menjaga jarak secara bertahap, ketika mereka adalah orang2 yang paling aku sayangi. aku sangat takut jika ada seseorang yang aku sukai namun dia terasa jauh. Aku akan merasa sangat kesepian, kau bisa mengatakan bahwa aku adalah tipe orang yang penuh gairah (bersemangat), jadi aku tidak suka menjadi asing bagi teman2 dekatku. Jika aku punya pertengkaran serius dengan orang yang sudah aku kenal sejak lama, kami memiliki ikatan yang kuat, dan mereka meninggalkan aku, aku akan mengingat waktu ketika aku belum mengenal mereka, dan aku akan merasa sangat tertekan. Aku adalah tipe orang yang akan tenang setelah marah selama 3-4 menit, tetapi jika kami menjadi menjauh setelah sebuah pertengkaran, aku akan sangat menyesal, jadi biasanya aku tidak akan menyerang dengan kemarahanku, mencoba untuk tidak berkelahi. Bukan juga tipe orang yang akan terus bertahan,tetapi mencoba dan berpikir lebih sederhana, lebih santai dan tidak saling menyalahkan. Terkadang ada kejadian dimana orang menjadi jauh karena mereka sudah berubah, dan hal ini lebih menyedihkan karna aku tau masa lalu mereka. Kadang aku merasa ini adlh sesuatu yang memang sudah seharusnya begitu, tetapi ada juga waktu ketika aku merasa bahwa aku bisa mengembalikannya ke semula.

 // Nah, makanya kalo berantem ma Baekhyun, Chanyeol duluan yg minta maaf. Dia takut kena tinggalin ma Baekhyun . . . . . Tenang Bang Chanyeol, kan masih ada AKU! yang selalu setia menemanimu smpai maut memisahkan kita //  

 

Q n : Apakah pernah kau merasa bahwa orang yang kau kenal terasa asing?

C h a n y e o l : Ketika aku mengubah nada bicaraku. Terkadang hal ini akan membuat mereka tersinggung, tetapi terkadang juga mereka menganggap hal ini sebagai bentuk perhatian. Aku adalah seseorang yang sangat sensitif terhadap hal2 kecil. Sbg cth, jika sedang berbicara di telepon, dan seseorang yang berbicara denganku tiba2 mengubah nada bicara mereka, aku akan berpikir ‘apa ada sesuatu yang telah aku lakukan yang membuat mereka marah? ‘ Ketika menunjukkan sesuatu yang belum pernah aku lihat, karakter yang tidak terduga, aku tidak akan merasa canggung atau asing, aku akan mengakui perubahan ini dgn cepat. Singkatnya, semakin kecil detailnya semakin besar penerimaanku.

 

Q n : Menurutmu perubahan seseorang lebih disebabkan oleh pengaruh internal atau pengaruh eksternal?

C h a n y e o l : Aku pikir hal itu disebabkan oleh pengaruh eksternal. Ini adalah topik yang sering aku bicarakan dengan teman2ku, ini seperti sifat baik dan sifat jahat. Meskipun aku tidak bisa mengatakan ini adalah jawaban yang benar, tetapi aku masih berpikir ada lebih banyak scenario yang disebabkan oleh pengaruh eksternal. Secara pribadi aku adalah tipe orang yang mudah dipengaruhi oleh faktor eksternal. Jika setiap hari aku bergaul dengan orang2 yang tidak baik, aku mungkin akan meniru tindakan dan bahasa mereka, dan aku pasti akan menjadi orang yang tidak baik juga. Sebaliknya, jika aku bergaul dengan orang2 yang baik, aku akan belajar dari mereka, mereka mungkin melakukan hal2 yang tidak ingin aku lakukan, tetapi aku bisa mengubah pikiranku dan mengikuti apa yang mereka lakukan. Jika ini terus berlanjut, maka kepribadian seseorang secara keseluruhan akan berubah. Tindakan yang biasa mereka lakukan akan mengubah gaya hidup dan kepribadian mereka. Jadi, aku rasa efektivitas pengaruh eksternal itu jauh lebih besar.

 

Q n : Jika kamu membandingkan EXO dengan sebuah film, jenis/genre apa itu? Menurutmu hidupmu itu jenis/genre yang seperti apa?

C h a n y e o l : Aku rasa EXO itu seperti sebuah film bertema komedi-romantis. Ada banyak momen yang berliku-liku, dan juga ada banyak kejadian2 tertentu, tetapi kesimpulannya semuanya selalu menyenangkan. Aku rasa hidupku juga seperti sebuah film bertema komedi-romantis. Aku biasanya melihat segala sesuatu dari sisi positifnya, kehidupan dan musik yang aku buat juga mengikuti alur komedi-romantis.

 

Q n : Apa kamu mempunyai lirik yang kamu suka?

C h a n y e o l : Aku suka semua lirik.

 

Q n : Keakraban atau ketidakbiasaan, yang mana yang kamu suka?

C h a n y e o l : Aku suka keakraban. Aku adalah seseorang yang suka mengambil resiko, baru2 ini aku menemukan ada lebih banyak tantangan, tetapi aku tetap lebih menyukai lingkungan yang akrab dengan orang2 yang akrab pula, hidup dengan bahagia.

 

Q n : Beberapa hal yang menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, atau menjadi lebih baik sekarang, coba kamu jelaskan.

C h a n y e o l : Meskipun aku belum terlalu tua, tapi aku banyak menemukan hal2 yang menarik, saat2 bahagia ketika aku melihat kembali hidupku ke belakang, aku merasa itu sangat hebat. Aku menyempurnakan hidupku. Manfaat dari melakukan hal2 baru adalah kau bisa bertemu dengan banyak orang baru, menikmati hal2 baru bersama dengan orang2 yang baru kau temui pertama kali pula.

 

Q n : Apakah ada sesuatu yang selalu membuatmu ingin tau?

C h a n y e o l : Musik –tersenyum- , jika tidak musik maka orang mungkin? Aku suka bertemu dengan banyak orang, meskipun aku bukan tipe orang yang bisa akrab dengan mudah. Aku rasa dengan bertemu orang2 baru akan saling membantu, dan juga itu merupakan suatu kebahagiaan.

 

Q n : Kapan kau merasa bahwa kau sudah dewasa?

C h a n y e o l : Ketika mendengarkan curhatan2 orang lain dan mendiskusikannya. Aku adalah pendengar yang baik dan juga seseorang yang banyak bicara. Ketika mengobrol atau berdiskusi, aku akan berbicara tentang ide2/pemikiran yang tidak pernah aku pikirkan sebelumnya. Terutama ketika mendengarkan tentang perasaan orang lain, terbantu melalui diskusi. Selama itu, aku berbicara dengan orang lain tentang hal2 yang baik. Setelah mendengarkan perkataanku, beberapa orang akan mengucapkan terima kasih dengan tulus dan ketika aku mendengar itu hatiku terasa sangat puas.

 

Q n : Jika kau dapat berbagi sifat/kepribadianmu dengan seseorang. Apa yang akan kau bagi?

C h a n y e o l : Sikap positifku. Banyak orang bilang bahwa aku adalah orang yang positif, dan secara pribadi aku tidak merasa terlalu keberatan. Aku benar2 tidak suka jika orang disekitarku mengalami kesulitan. Jadi, aku akan berbagi sikap positifku kepada mereka, berbicara dan mengobrol dengan mereka. Tetapi ada juga orang2 yang perlu mengalami masa2 yang sulit, dan aku mengerti akan hal itu.

 

Q n : Jika kau punya saudara kembar/ kloning, kau ingin dia terlihat seperti apa?

C h a n y e o l : Aku harap dia benar2 persis seperti aku. Melalui dia aku ingin mengerti perasaan orang lain ketika melihatku.

 

Q n : Benda berwujud apa yang paling berharga?

C h a n y e o l : Serius pertanyaan ini terlalu sulit. Aku ingin menjawab cinta. Cinta yang nyata, cinta yang dapat dilihat dan terasa sangat dekat.

 

Q n : Apa ada sesuatu yang ingin kau hapus dari dunia ini?

C h a n y e o l : Tidak ada. Aku adalah orang yang percaya bahwa semua yang ada di dunia ini mempunyai kegunaan masing2. Sungguh. Aku benar2 berpikir bahwa lalat, nyamuk, debu dan benda lainnya mempunyai alasan untuk keberadaan mereka.

 

Q n : Apa keuntungan dari menunggu?

C h a n y e o l : Aku adalah seseorang yang tidak sabaran, jadi ini sangat sulit bagiku. Jadi aku akan mengikuti proses ini, ini adalah sesuatu yang sudah aku lakukan sejak aku masih muda, sebagai contoh, aku dan temanku sudah setuju kami akan pergi liburan bersama dua bulan lagi. Karena aku benci untuk menunggu selama dua bulan, jadi aku akan melakukan banyak kegiatan selama dua bulan tsb. Contohnya, membeli barang secara online dan menunggu barang tersebut sampai. Atau pergi tamasya bersama orang lain. Tentu saja kegiatan2 ini tidak akan semenarik liburan, tetapi tetap saja jika pergi bersama teman2, makan, dan melakukan kegiatan ini terus menerus setiap minggunya dengan teman2 yang lain, tanpa terasa waktu liburan yang ditunggu2 telah tiba.

 

Q n : Apakah ada saat2 tertentu dalam hidupmu yang kau merasa hal itu sangat sempurna?

C h a n y e o l : Ya ada, baru2 ini. Melewati satu hari, tanpa membuat sesuatu terjadi dengan sengaja, melewati waktu seperti biasa dengan melakukan hal2 yang ingin aku lakukan. Aku benar2 suka termenung sendiri ketika jam 2 pagi, bertemu teman2 sambil minum kopi setelah bangun, berjalan-jalan, makan, bertemu teman2 yang lainnya, bekerja sendiri di studio dan lain2. Hal2 semacam ini membuatku bahagia.

 

Q n : Jika ada kesempatan untuk mewujudkan impian dalam hidupmu, apa yang akan kau harapkan?

C h a n y e o l : Aku adalah seseorang yang mudah merasa bahagia dengan hal2 kecil, kecuali kalau aku lagi sibuk, tetapi belakangan ini aku sangat bahagia. Gaya hidupku belakangan ini persis seperti gaya hidup impianku, dan begitulah caraku hidup belakangan ini.

 

Q n : Jika kamu bisa melakukan perjalanan waktu?

C h a n y e o l : Jika hal itu mungkin, aku akan pergi ke masa depan yang sangat jauh atau ke masa lalu. Sekarang umurku 25 tahun (berdasarkan umur di Korea). Aku sering berkata kepada orang2 disekitarku bahwa ini adalah periode waktu yang paling membahagiakan dalam hidupku, bahwa saat ini aku sangat bahagia. Hidup sampai sekarang, tidak ada masa lalu yang ingin aku kembalikan. Jadi jika aku bisa menjelajahi waktu, aku ingin ke masa depan atau masa lalu dimana aku belum ada. Sesuatu yang paling ingin aku lihat adalah dinosaurus hahaha sungguh. Aku juga ingin melihat ke tahun 2800 atau 2900, dan melihat bagaimana dunia ini telah berubah.

 

Q n : Kapan kau merasa bahwa waktu dalam sehari berlalu begitu cepat?

C h a n y e o l : Aku merasa waktu berlalu dengan cepat ketika tidak ada jadwal. Tetapi hari terasa sangat lama jika ada jadwal. Jika jadwal sehari penuh, aku akan merasa waktu berlalu sangat cepat, tetapi jika sudah dirumah aku akan merasa ‘Ah hari yang sangat panjang‘.

 

Q n : Pada saat kapan kau merasa bahwa langit terlihat sangat indah?

C h a n y e o l : Aku suka ketika melihat cahaya matahari terbenam. Langit biru yang menjadi orange karena terkena cahaya matahari terbenam, dalam sekejap semuanya berubah menjadi orange, ketika langit masih dalam fase misterius ‘tidak ungu, tidak juga orange‘, aku sangat menyukai langit pada saat itu. Kedua, ketika kau melihat langit yang dipenuhi bintang2 . Aku menyukai bintang sejak aku masih kecil. Cita2ku ketika aku masih kecil adalah menjadi seorang ahli astronomi atau menjadi ahli ilmu purbakala. Karna aku sangat menyukai bintang ketika aku masih kecil, aku banyak mengikuti kegiatan2 yang berhubungan dengan ilmu astronomi. Dan berbagai bintang berkilau di langit yang aku lihat pada waktu itu, itu adalah saat2 yang tak terlupakan.   

 

Q n : Menurutmu apa sih penemuan terbesar umat manusia?

C h a n y e o l : Aku pikir itu adalah musik. Aku sangat menyukainya, itu adalah sebuah karir yang membuatku bangga dan bersemangat. Aku seringkali menginginkan sesuatu yang baru, karna aku adalah tipe pribadi yang tidak bisa fokus pada satu hal, tetapi itu tidak terjadi pada musik. Aku sudah bermusik selama 12-13 tahun, bermusik dalam jangka waktu yang lama, dan itu menunjukkan bahwa aku benar2 menyukainya. 

 

Q n : Apa kau memiliki tujuan hidup?

C h a n y e o l : pastinya terkait musik. Aku berharap untuk terus bisa bermusik sampai sebelum aku mati. Impianku adalah melakukan berbagai kegiatan musik dengan pasanganku setelah kami menikah. Hidup = musik. Musik adalah hidupku. Aku rasa aku mampu membuat berbagai genre musik.
// Nah, ketebak kan? Chanyeol ingin istri nya ntar seorang musisi/penyanyi juga
H
ancur hati aku, karna itu berarti calon istrinya bukan AKU. Karna aku gak ada bakat sedikitpun di musik.
mungkin joy red velvet mungkin? atau anggota a pink atau grup YG yang baru ?
// Setelah membaca semua interview diatas, kesimpulan yang aku dapat adalah kita tunggu saja kapan chanyeol akan keluar dari EXO . . . . . . buahahaha jahat banget /  

 

rt

[ E N G – T R A N S ]

tumblr_o8hx2dTPzP1tml5fdo1_500

tumblr_o8hx2dTPzP1tml5fdo2_500

tumblr_o8i2kyx18t1tml5fdo1_500

So what is the earliest memory you have?

I think around 3y/o? When I was 4y/o? That’s when I was a really small kid, one that couldn’t even speak (tn: form sentences) This memory of mine isn’t a particularly special moment, but it really unforgettable. At that time my dad, mum, sister, and I all went to the amusement park as a family and went on rides, I went on a small panda-looking ride. Back then my noona was around 7y/o, she was also very small. I held hands with her toward the rides. And then noona asked the ride attendant “Can we ride this?” The attendant was very kind, and helped us take our seats.

(That’s) really detailed

Yes. My memory is quite good. (I) can’t say that my memory is good, the thing I find weird is that I never delete photos and messages in my phone. I still have the phones I used in elementary and middle school at home, also still with the messages and photos from back then. Just like this, I am kind of someone who would give special significance to certain things. For example, when I’m playing on the phone and accidentally took a photo from pressing the wrong buttons, even then I wouldn’t delete any photos. I can recall all the details. A message (I) received from a friend 10 years ago, after seeing those messages I would remember all the related memories. Sometimes when I go home, I could read through these messages all till next morning while lying on my bed. It’s not that I want to go back to that time, (I am) just reminiscing on that time, (I would think) oh, so that’s how I use to live, something like that happened back then, it’s interesting to think like that.

Past, present, future; which do you prioritise more?

Present. I think the past is the past, present makes the future, my life now is the present. I feel the past is a foundation that can create a beautiful future, and to create an even more beautiful future relies on the present. Looking back on the past that was unhappy, the present is a time for correction. Correcting the unhappy parts in the present, will enable the ability to create a beautiful future. So I think the present is most important.

What is your dream in the future?

To be stable and be able to care for everyone, and also receive everyone’s care in the future. It may not be very realistic, but can still be realised. -laughs-

(Do you) believe in chance, or believe in destiny?

I guess I count as someone who believes in the inevitable. I really want to say this frankly, anyway, this thing called chance… mm, I think chance is also a kind of result from the inevitable. For example, I went to Rodeo Fashion Street, (and) Sehun also went to Rodeo Fashion Street, this is chance, but from viewing results we will inevitably meet. I know why (I) believe in the inevitable, the world must hold chance(s), but I believe in the inevitable more.

Any experiences that broadened your horizons? When did it occur?

I feel it was after (I) debuted. Before debuting I was a frog beneath a well (tn: a restricted view of the sky/open world, a limited outlook), after debuting, beginning official activities, I personally experienced more. I felt my weaknesses and shortcomings, felt that I still have a long way to go, and also discovered that there are all kinds of people in the world, more than I have imagined. It’s hard to mention a specific moment, overall (I’m) not sure when, (but I) suddenly realised this point (tn: came to an epiphany)

What changes occurred after (your) horizons were broadened?

Shortly after feeling this (epiphany), I MC’d a music show, (and) suffered a lot of criticism. Back then I received a huge shock. When going onto a show I don’t purposely pretend to maintain a certain image, (I am) rather fluid/random. But my image is usually more honest. However after doing that show my image went through some small changes. Since then my heart’s endurance become really strong. Now, (I) don’t care much about another’s ridicule. I can then continue making the music I like even more fluidly. Thus minimising the opportunity of mercy. Even more so because I prepare my thoughts beforehand. Before considering others, (we) need to first think of the self, after preparing these thought preparations, (I) felt my life was more happy, as if it has come to fruition.

Do you consider yourself to be a consistent person?

I am a person who is closer to being consistent (than not). I am a stubborn person, and usually like to work along what was planned. A person who doesn’t want to change the work plan after lining up future work and setting my heart to doing them.

When do you feel you are most like yourself?

Firstly it’s when I’m doing what I want to do most. What I want to do most is composition arrangement. Or when I’m with my best friends; When I’m with a lot of people, I don’t usually let loose my true self. When (I’m) with a lot of people, (I) would possess the persona of one who pokes fun. But when I’m with few people, or when I’m with best friends, (we) would chat seriously, and I don’t speak too much. When there are many people around, or when filming (I) would be really playful, but as it’s like this everyday, (I) would be more quiet when it’s not necessary (to be playful), and have some me-time.

Do you like specificity or vagueness?

I like specificity. When I’m working I also like to cut the Gordian knot (tn: make lightning decisions) and complete the tasks, so usually I like to develop plans, (and) come up with multiple options.

When developing plans, is there a particular standard?

If a lot of combined manpower is required, (I) would choose the plan that provides convenience to the majority. If it’s something done on my own, I would adjust the schedule according to my thoughts. So, it’s flexible?

What intangible thing has the most value?

Love. A package filled with the sense of love. This includes love between lovers, love from parents. As long as there is love, I will do anything. I study music diligently, compose songs, I do all of this because I love music. I’m speaking of love in a broad sense. For example, Everyone needs money, needs to make money. But (if you) don’t love your work you will never find happiness in it. Using myself as an example, the things I do now I feel are definitely not simple tasks. But because I am passionate about my work, so I won’t feel too big of a pressure. In essence, People need to find what makes the self happy, work that brings yourself joy, and this kind of happiness and joy stems from love.

(Do you) feel pressured by others’ expectations? How to relieve the pressure?

Yes, a lot. It is still okay at the moment, (but) before, (I) really wanted recognition from fans and those around me, (when) this desire grows too big, (you feel that) everything has to be done the best way, to please others. But, the pressure felt then was too much, to the point when things weren’t done well when they could’ve been, so now (I’ve) switched up the perspective, and compose freely. I feel it is enough for myself to be happy, but when (I’ve) just changed my perspective (I) was still weary of what people around thought. So try to relieve (yourself) from this thought, at least when I’m pondering alone I try to avoid these thoughts. And then recently since about 2-3 months ago (I) began to try minimising things to worry about, do things the way I want to. Before there were problems that (you) can’t help but think of, for example ‘should do it like this’, ‘should do it like this’, ‘how does this work’, ‘what should I do now that it’s become like this’ etc. It’s different now, I rest when I want to rest, do when I want to do, play when I want to play. It’s also like this when composing, before (I) wanted to produce something that everyone would like, things to worry about increased as a result, (and I) constantly felt restricted  when trying to compose, and can’t write anything. It’s not like this now, now I can compose the songs I want, song I like, songs I’m happy with. (There’s) no need to let everyone listen to my songs, and as a result it is more relaxing now. Before there weren’t any finished compositions, (but) now as long as I’ve begun I can complete it quickly.

What is your greatest fear?

When people around leave; not an eternal parting, (but) a gradual distancing, (when) they are the people I like most. I’m really afraid of the instance when a person I like feels distant. I have a personality that regularly feels lonely, (you) could say I’m a passionate person, so I don’t like being estranged to my close friends. If I had a really serious argument with someone I’ve known for a long time, share a deep bond with, and they left me, returning to how it was before (I knew them), I would feel incredibly distressed. I am someone who would calm down after being angry for 3-4 minutes, but if we become estranged after an argument, I would really regret it, so in usual circumstances (I) wouldn’t lash out (my) anger, try not to fight. Not the type where you’re thinking ‘I just keep enduring!’, but to try and think more simply, more light-heartedly, and not blame each other. Sometimes there are instances where people become distant as they change, and this is even more sorrowful, because I knew their past. Sometimes it feels this is something that has to be, but there are also times when it feels you could find what was originally there.

Is there a time when you suddenly felt that the people you know feel unfamiliar?

When I change my tone. Some would view these as stingy, there will also be people who view it as attentive. But I am someone who is quite sensitive to small things. For example, when chatting on the phone and the person (I’m chatting with) suddenly changes their tone, I will think ‘was anything I did that made them mad?’ When bringing out something I’ve never seen, an unexpected persona, I won’t feel awkward or unfamiliar, (I) would acknowledge these changes quickly. In short, the smaller the detail the larger my acceptance.

Do you feel that a person’s change is mainly due to internal influences, or external influences?

(I) basically think it is caused by external influences. This is a topic I often talk about with my friends, it’s like good natured and evil natured. Although (I) can’t say this is the correct answer, but I still think there are more scenarios where the cause is external influences! I personally am easily influenced by external factors. If hanging with bad people, everyday, I might subconsciously mirror their actions and language, I would (then) be I’ve become bad (as well). On the contrary if I hang out with good people, I would learn from them, they may do things that I don’t want to do, but I can change my mind and follow what they are doing. If this continues, a person’s entire personality would change. A person’s usual actions would change a lifestyle and personality, so I feel the effectiveness of external influences are greater.

If you compared EXO to a movie, what type/genre would it be? What type does your life belong to?

I feel EXO is a rom-com. There are many moments of twists and turns, and also a lot of certain occurrences, but the conclusion is always happy. I feel my life is also a rom-com. (I) usually like to view things positively, and the life and music I pursue are all rom-coms.

Do you have lyrics you like?

I like them all!

What is your favourite moment of time and place?

I especially like the time before dawn. From 2AM to 6/7AM, I like this time of day. Quiet, silent, although there is a feeling of loneliness I just like the feeling you can only experience before dawn. When working with other people, (we) would normally begin working from 8/9PM to 12/1AM, when composing on my own I would work from 2AM to 6-8AM. There is more efficiency when working between these hours, arranging or penning lyrics, listening to music, playing with the phone lying on the sofa, watching tv etc. during this time, (I) really like this kind of casual feeling. The place I like would be my studio, so long as it’s a quiet place with no one else, I would like it. I previously preferred a lively atmosphere with many people, but now I like quietness.

Familiarity and unfamiliarity, which do you like more?

I like familiarity. I am a risk-taker, and recently there more instances of challenges, but I still prefer a familiar environment with familiar people, living a happy life.

Some things are better over time, some are better new, please explain.

Although I’m not really that old, I can find a lot of interesting, happy moments when looking back into my life, I feel that it’s really great. I fulfill my life. The merit of new things is the ability to meet more new people, to enjoy completely new things with people you’re meeting for the first time.

Has there been something you’re always curious about?

Music -smiles-, if not music then people? I like to meet people, although (I’m) not one that can be intimate easily, I feel that by meeting new people there will be mutual help, (and) happiness.

Is there anything you value that other people don’t seem to place importance to?

Being attentive/caring to minuscule things. Everyone values attentiveness to major things, (but) I’m talking about care and attention to little things. The type of care that wouldn’t be noticed by the other person. For example, passing napkins to the one beside you when eating? Something like this. I feel very satisfied by these. There was once, when arriving to my studio after wrapping up work, I found a grocery bag on my doorstep. There were six 2-litre bottles of water, vegetables, cherry tomatoes etc. and green onions and sesame leaves in it as well. What is this? After checking (I) found that it was delivered to the wrong place, it was supposed to be delivered to building next door. I just felt the things would go bad if left here. And so, I took those things to the next building, I felt very satisfied then (for doing so). I feel this is the kind of person I am, who feels satisfied over doing these things. Even though they won’t know, I would think ‘I provided them the convenience’.

When did you feel that you have become an adult?

When listening to other’s thoughts/feelings and discussing them. I am a great listener, and also like talkative people. When chatting or discussing, I would talk about ideas I’ve never thought about. Especially when hearing about other people’s feelings, assisting through discussion. During then, I would talk to the other person of more good things. After listening to my words some people would thank me sincerely, (and when) hearing this my heart becomes really satisfied.

(If you could) share your personality/a trait with someone, what would you like to share?

(My) positive attitude! Many people have told me that I’m a positive person, and personally I usually don’t feel too much pressure. I really dislike when people around me face difficult or tough circumstances. So I would share a lot (tn: of his positive attitude) with them, speak and chat with them. But there are also people who need to experience difficulties, and I understand that.

If you had a twin or clone/doppelgänger, what kind of person do you hope for him to be?

I (would) hope he is exactly like me. Through him, I would like to understand how others feel when looking at me.

Of tangible objects what is the most valuable?

Seriously (this) question in too difficult. I want to answer ‘love’. Tangible love, a love that can be seen and felt first-hand!

Any thing (you) want to remove from this world?

None. I am someone who believes every thing in the world is formed out of necessity. Really. (I) really think flies, mosquitoes, dust and other things also have a reason for existence.

What is something that’s rewarding to wait for?

I’m someone who doesn’t have patience, so it’s difficult (for me). And so (I would) follow this process. This is something I’ve been doing since I was young, for example I’ve agreed with my friends that we’d go on vacation in two months. Since I hate (simply) waiting for the two months to pass, I would do lots of activities within those two months. for example, buying things I like online and then waiting for it to be express delivered. Or going to outings with other people etc. Of course, all these (activities) won’t be as interesting as vacationing, but (would) still go out with friends, have a meal, and do it again with other friends next week etc. Going through each week like this, the most anticipated vacation time will arrive.

Are there moments in your daily life that you feel is perfect?

Quite a few recently. Living through a day, without making anything happen on purpose, passing time naturally according to things I want to do. I really especially like reflecting on the day alone quietly at 2AM, meeting friends over coffee after waking up, take a walk, eat, meet another friend, work alone at the studio etc. All of these are things that make me happy.

If there was the possibility to realise a dream in (your) life, what do you hope for it to be?

I am someone who easily feels happiness (even) through small things, unless I was busy, but lately I am very happy. My lifestyle lately is similar to my ideal lifestyle, (and) that’s how I’ve been living lately.

If you could time travel?

If it was possible, I want to travel to a very distant future or past. I am currently 25y/o (tn: Korean age), I would often say to people around me that this is the happiest time period in my life, that I am currently very happy. Living up till now, (there) isn’t a past I particularly wanted to return to. So if I could time travel, I want to travel to a time in the future or past where I don’t exist. A thing that I especially want to see, would be dinosaurs. -haha- Really, (I) want to have a look at the year 2800, 2900, (I) want to see how the world has changed.

When do you feel that time in a day passes by quickly?

(I) feel time passes by quickly when there’s no schedules. But the day becomes too long when there are schedules. When an entire day is packed with schedules, it would feel the time passed by really quickly, but after returning home (I) would feel ‘ah! This day was too long’.

At which time period do you feel that the sky is most beautiful?

I like when you see the sunset glow. A blue sky island that becomes orange in the sunset glow, in that instant where before it turns into orange (completely), when it’s still in that enigmatic ‘not purple but not orange’ phase – I especially like the sky at that moment. Secondly it’s when you see the sky filled with stars. I’ve liked stars since I was young. My dream when I was little was to become an astronomer, archaeologist. Because I liked stars when I was young I participated in a lot of astronomy-related camping activities, (and) the various stars I saw back then sparkly in the sky, it’s still an unforgettable scene.

What do you think is the greatest invention of mankind?

I think it’s music. I really like (it), and it’s also a career I am proud and passionate about. I would often desire something new, as my personality makes it hard to focus on one thing, but it’s not the case with music – continuing on for 12-13 years; continuing on for so long, indicates that I really like it.

Do you have any life objectives?

Definitely music. I hope to continue (doing music) until before I die. My dream is to have music activities with my partner after we’re married. Life = music, music is my life, I reckon by then I would be able to make a greater variety of music genres.

 

.

Indo translate ⇒ https://channyeol.wordpress.com

Eng translate ⇒ @xiusday (tumblr) , sberryeol (tumblr) , Chel

Leave a Reply

